Saterdag 30 Maart 2013

2 faktor resiko kanker payudara

Kanker payudara merupakan penyakit pembunuh wanita nomor satu didunia. Banyak wanita tidak menyadari akan hadirnya penyakit ini diawal. Ketika mengetahuinya ternyata sudah dalam tahap stadium III, hal mengakibatkan korban meninggal menjadi meningkat.

Kaum hawa sangat rentan sekali terhadap penyakit ini, dari penyakit lainnya seperti penyakit jantungasam urat dan penyakit lainnya yang kerap menyerang para wanita.

Kanker payudara sangat mudah terjangkit oleh wanita jika tidak mengubah pola kehidupannya yang bebas dan tidak terkendali. Dari faktor makanan, lingkungan dan gaya hidup wanita itu sendiri perlu diubah.
Berikut 2 faktor resiko kanker payudara.

1. Faktor Personal

 Jenis KelaminWanita cenderung memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker payudara dibanding pria (100:1). Hal ini dikarenakan perubahan hormon estorgen dan progesteron dalam tubuh.

Umur Pada umumnya kanker payudara akan menyerang wanita setelah empat dekade kehidupannya atau sekitar usia 40-60 tahun, setelah menopause. Tapi tak menutup kemungkinan Anda yang berusia 30an  bisa terserang penyakit ini. Hal ini dapat terjadi karena pola hidup yang tak sehat.

Riwayat KeturunanSelain diabetes, asma, ada penyakit lain dengan riwayat penyakit turunan, yaitu kanker. Orang memiliki riwayat penyakit ini di keluarganya, maka kemungkinan akan terserang kanker akan meningkat 1,5 hingga 3 kali lipat.

2. Faktor Endokrin
Ini adalah faktor hormonal, dan kanker payudara dapat saja terjadi karena beberapa hal. Misalnya masa menarkhe, adalah masa menstruasi pertama, kehamilan pertama pada usia diatas 30 tahun, dan menopause pada umur lebih tua.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking