Saterdag 30 Maart 2013

Gejala-Gejala Terkena TBC




Manfaat Kesehatan - Bagi yang terkena TBC pastilah menderita akibat penyakit yang menyerang paru-paru ini. Sangat disayangkan Indonesia menempati urutan ketiga setelah China dan India terbanyak yang menderita penyakit TBC. Gejala yang timbulkan TBC juga beragam, untuk usia anak-anak dan dewasa.

Jika mengidap penyakit ini sebaiknya segera diobati apabila dibiarkan akan berakibat buruk bagi penderita, penyakit ini termasuk kategori penyakit jangka panjang yang membuat penderita menderita batuk yang sangat. Jika gejala sesuai dengan penyakit TBC segeralah ke dokter untuk mendapatkan kepastian apakah batuk tersebut adalah batuk biasa atau TBC. Karena penanggulangan yang cepat akan menyelamatka paru-paru yang terinfeksi.

Ada pun cara mudah dalam mendeteksi penyakit TBC yang menular adalah
  • Batuk dengan gejala nyeri dibagian dada 2-3 minggu
  • Batuk darah
  • Sesak nafas
Berikut juga gejala tambahan dari penyakit ini
  • Tubuh lemas
  • Demam yang hilang timbul
  • Berkeringat meski suhu udara tidak tinggi
  • Nafsu makan yang berkurang disertai dengan berat badan yang berkurang drastis pula.
Untuk gejala yang dialami untuk orang dewasa dengan anak-anak berbeda, bukan menderita batuk parah, melainkan penyusutan berat badan yang drastis.
 Tetapi yang terpenting adalah bagaimana cara penularan dari TBC ini. Janganlah batuk didepan hadapan teman atau keluarga, karena sangat berpotensi kuman ini akan menulari orang yang didekat kita.

Jadi bagi penderita TBC ada kalanya menjaga etika dalam batuk, batuk lah dilengan anda atau menutup dengan sapu tangan, tetapi jangan batuk menggunakan telapak tangan anda karena kontak fisik juga dapat menulari seseorang.

Untuk urusan penyakit menjadi tanggung jawab bersama, masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, jika penyakit TBC bisa dicegah maka jumlah angka kematian juga akan berkurang.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking